Sabtu, 14 Desember 2019

KHAREDOK ( KHUSUS RENUNGAN DOKTRIN )
KEJADIAN 6:9-22
Dari sekian banyak manusia yang hidup pada masa itu, hanya Nuh yang disebut sebagai orang yang benar dan tidak bercela dan hidup bergaul dengan Tuhan.
1. ORANG BENAR
     Biasa dikenakan kepada orang yang mengikuti Tuhan pada masa itu,bukan ikut kepada ilah-ilah lain.pada masa itu banyak orang-orang sezamannya yang tidak mengikuti Tuhan.mereka hanya mengikuti kemauannya sendiri.apa yang dianggap baik menurut pemikirannya.semua hidup menurut nafsunya yang cenderung melawan Tuhan.
2. TIDAK BERCELA
     Ini menunjuk kepada perbuatan sehari-hari Nuh.Dia bisa membuktikan kalo orang benar itu hidupnya atau perbuatannya harus tidak bercela,tidak rusak.kata-katanya sama tindakannya seiring sejalan.Kelakuannya dia tunjukan sebagai orang benar yang percaya kepada Tuhan.Dia menjaga nama Tuhan dengan baik melalui perbuatannya.
3. HIDUP BERGAUL DENGAN ALLAH
    Sudah menjadi Orang Benar, Tidak Bercela dan sempurnalah hidup Nuh dengan senantiasa bergaul dengan Allah. Hanya Allah saja yang menjadi tempat dia untuk berkomunikasi dan berbicara dari hati ke hati bukan yang lain. Makanya hidupnya senantiasa terjaga dari hal-hal melakukan yang bertentangan dengan keinginan Tuhan.
Inilah tiga hal yang menjadikan Nuh orang satu-satunya yang mendapat anugrah keselamatan dari air bah.Karena kesetiaan Nuh itu maka keluarganya mendapat berkat juga bisa selamat dari air bah.
KESIMPULAN
Kalau kita setia kepada Tuhan pasti berkat Tuhan selalu menyertai kita dan bukan hanya kita saja yang mendapatkannya tetapi orang-orang disekitar kita juga bisa kecipratan berkat tersebut.Begitu juga sebaliknya kalo kita hidupnya rusak,bukan hanya kita yang sengsara tetapi orang-orang sekitar kita juga akan mendapat akibatnya juga.
Jadi hati-hati kalo hidup.apa yang kita lakukan itu bisa berakibat kepada lingkungan kita.
BERSAMBUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar