Rabu, 18 Desember 2019

KHAREDOK ( KHUSUS RENUNGAN DOKRIN )

KEJADIAN 4:1-16

Akibat dosa Adam dan Hawa maka mereka harus ke luar dari Taman Eden dan mencari rejekinya sendiri.Mereka sangat berharap mendapatkan keturunan mesias yang dijanjikan Tuhan.maka itu pas Hawa melahirkan Kain dia mengatakan bahwa sudah mendapatkan mesias.
Tapi sayang apa yang diharapkan belum terwujud.Kemudian disusul lahirnya Habel dan seterusnya.
Yang menarik adalah perbedaan pekerjaan mereka.Kain menjadi petani dan Habel menjadi peternak.
Mereka diuji dalam ketaatan kepada Allah melalui korban persembahan.
Mengapa Kain mempersembahkan hasil tanah atau hasil dari pekerjaannya dan Habel mempersembahkan anak sulung dari dombanya.
Dari mana mereka tau harus mempersembahkan korban bakaran?Pasti dari ayah ibunya.Mengapa persembahan mereka bisa berbeda?Apakah orang tua mereka salah memberikan informasi mengenai ketentuan korban persembahan?
Kalo kita mao merenungkan sebentar saja.kita pasti tau apa penyebabnya.
Penyebabnya adalah karena Kain ingin membangkang dari perintah Tuhan.Tuhan berkenan kepada persembahan Habel dan tidak berkenan akan persembahan Kain bukan karena persembahan Kain dari hasil tanahnya itu busuk-busuk atau jelek-jelek.Tapi memang dari Kainnya sendiri ingin membangkang dari perintah Tuhan.Dia dengan sengaja merubah korban persembahan dari domba ke hasil tanah yang sesungguhnya adalah mengaburkan arti janji datangnya mesias yang akan menjadi korban bagi seluruh dunia.Makanya Tuhan dengan tegas menolak persembahan Kain dan berkenan akan persembahan Habel dengan korban persembahan kambing dombanya.
pelajaran yang dapat diambil adalah:
1.Jangan melanggar Firman Tuhan.
2.Kalo melanggar pasti ada akibatnya.
3.Taat kepada Firman Tuhan pasti ada berkat yang mengikutinya.
BERSAMBUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar